|| Kabarkite.com – Media Online Kite

Warga Rimba Asam Kecewa, Lurah Belum Dilantik

Warga Rimba Asam Kecewa, Lurah Belum Dilantik

Kabarkite.com,Betung (31/5)- Belum dilantiknya Lurah Rimba Asam Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin pada pelantikan yang dilakukan oleh Bupati Banyuasin Yan Anton Ferdian SH pada acara pelantikan pejabat eselon III dan IV pada Senin (30/5), kemarin, menimbulkan kekecewaan yang mendalam bagi masyarakat yang ada di Kelurahan Rimba Asam. Hal ini dikarenakan, sejak bulan Nopember 2015 yang lalu, jabatan lurah hanya dijabat oleh pelaksana harian.

Kecewa dengan belum dilantiknya lurah untuk Kelurahan Rimba Asam, sebagaian warga berencana untuk melakukan demo, sebagai aksi kekecewaan, sekaligus menuntut agar Bupati Banyuasin Yan Anton Ferdian SH dapat segera melantik Lurah Rimba Asam secepatnya.

“Yang kami herankan, justru Kelurahan Betung yang dilantik lurahnya, sedangkan Rimba Asam yang telah lama tidak mempunyai lurah, justru
tidak ada pelantikan lurah. Dan lebih anehnya lagi, malah ada pelantikan sekretaris lurah Rimba Asam, sedangkan lurahnya masih kosong,” kata Edi (43), warga Rimba Asam.

Kekecewaan yang sama juga disampaikan Muhammad Syarif (45), juga warga Kelurahan Rimba Asam. Dia mengaku sangat kecewa dengan Bupati Banyuasin yang belum juga melantik Lurah Rimba Asam, sedangkan kekosongan jabatan lurah tersebut telah lama terjadi.

“Sangat kecewa, karena lurah Betung sudah diganti, sementara lurah Rimba Asam sampai sekarang belum dilantik,” katanya.

Lebih lanjut Syarif mengatakan, Apabila Bupati Banyuasin Yan Anton Ferdian SH masih tetap belum juga memperhatikan nasib masyarakat Rimba Asam dengan belum melakukan pelantikan lurah Rimba Asam, maka masyarakat akan mendatangi Pemerintah Kabupoaten Banyuasin, untuk mempertanyakan penyebab hingga belum adanya pelantikan untuk lurah Rimba Asam tersebut.

“Akibat belum adanya lurah di Kelurahan Rimba Asam ini, masyarakat jadi kesulitan untuk membuat surat tanah, karena lurah yang ada, statusnya hanya pelaksana harian, sehingga tidak dapat menandatangani pembuatan surat tanah,” katanya.

Sedangakan Ketua LSM Lembaga Missi Aspirasi Ekonomi Rakyat (LM-AER) Banyuasin Eddy Warman mengatakan, jika semestinya Bupati Banyuasin dapat mendengarkan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat yang ada di Kelurahan Rimba Asam tersebut, yaitu mengharapkan agar lurah di Kelurahan Rimba Asam ini dapat segera dilantik.

Namun demikian, Eddy juga mengingatkan, agar lurah yang dilantik untuk Kelurahan Rimba Asam nantinya, sebaiknya adalah orang yang berdomisili di Kelurahan Rimba Asam, dan telah dikenal oleh masyarakat.

“Yah, diharapkan lurah untuk Rimba Asam nantinya adalah orang Rimba Asam yang telah bermasyarakat, dan dikenal oleh banyak masyarakat, dan diharapkan pelantikannya dapat dilakukan secepatnya. Karena Rimba Asam ini sudah cukup lama mengalami kekosongan jabatan lurah,” katanya.

Sementara itu, Ketua komisi I DPRD Banyuasin, Irian Setiwan SH MSi mengatakan, jika pihaknya juga masih mempertnyakan tentang pelantikan lurah betung tersebut.

“Karena secara logika, seharusnya lurah Rimba Asam yang di isi, tapi mengapa justru lurah Betung yang dilantik hari ini (kemarin.red),” ujarnya.

Untuk itu, terkait hal ini, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan instansi terkait, dalam hal ini Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

“Nanti akan kita koordinasi sama instansi yang terkait, kalau memang ada kesalahan admisnistrasi maka akan diperbaiki, kalau ada kesalahan
dalam aturan, maka akan kita panggil,” kata dia, seraya menambahkan, jika pihaknya belum bisa berkomentar banyak, karena belum mengetahui duduk permasalahannya secara mendalam.

Sedangkan, menurut keterangan dari Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan dan Mutasi BKD Banyuasin, Budiman S.STP ketika dihubungi oleh Irian Setiawan melalui via hand phone. Belum dilantiknya Plt lurah Rimba Asam lantaran status yang bersangkutan memang belum bisa di defenitifkan.

“Sementara Betung memang bisa. Kata pihak BKD tadi, memang ke dua nama itu sudah di ajukan ke BKD, tapi sesuai kepangkatannya,  Rimba Asam belum bisa dilantik,” pungkasnya. (Frackes)

281 Total Views 6 Views Today

Related Posts

Facebook Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com