|| Kabarkite.com – Media Online Kite

Awas! Tanjakan Tebing Dayat Berbahaya

Awas! Tanjakan Tebing Dayat Berbahaya

Kabarkite.com, Betung (20/7) -Tanjakan tebing dayat yang terletak di Dusun Sedompo Kelurahan Betung Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin, sangat berbahaya bagi pengguna jalan yang melintas, sebab di lokasi ini sangat sering sekali terjadi kecelakaan lalu lintas.

Selain tanjakan tebing dayat ini menjulang tinggi, di bagian atas tanjakan tersebut juga terdapat tikungan tajam yang membahayakan pengguna jalan.Sehingga tak jarang di lokasi ini terjadi kecelakaan, baik itu kecelakaan tunggal, mau pun kecelakaan ala adu kambing.

Kecelakaan lalu lintas yang paling sering terjadi di lokasi ini adalah,kendaraan yang bermuatan berat menjadi mundur mendadak hingga terguling, dan bahkan telah berulang kali mengakibatkan korban jiwa.

Tatang (23) warga sekitar menceritakan, jika di lokasi tersebut telah berulangkali terjadi kecelakaan, dan bahkan kecelakaan lalu lintas tersebut selalu saja terjadi setiap tahun.

“Kecelakaan yang paling sering terjadi adalah diakibatkan oleh
kendaraan berat yang tidak sanggup mendaki tanjakan yang panjang dan berkelok di tebing dayat ini. Akibatnya kendaraan menjadi mundur secara mendadak. Apabilah ada kendaraan lain yang berada di belakang mobil yang mundur secara mendadak tersebut, maka dapat dipastikan akan terjadi kecelakaan, bahkan tahun yang lalu sudah ada mobil yang rusak gara-gara dihantam mobil yang mundur secara mendadak,” bebernya, kemarin.

Menurut Tatang, jika penyebab kecelakaan yang sering terjadi di tebing dayat tersebut, bukan hanya dikarenakan banyak kendaraan bermuatan berat yang mundur secara mendadak. Namun tikungan tajam yang berada diatas tanjakan, juga menjadi pemicu seringnya terjadi kecelakaan.

“Beberapa tahun yang lalu, ada pengendara motor yang meninggal
gara-gara kecelakaan di tebing dayat ini. Dari itulah, setiap saya melintas di tebing dayat ini, saya selalu hati-hati,” kata Ujang (42) warga Kelurahan Betung yang kebetulan sedang melintas.

Dengan kondisi tanjakan tebing dayat yang begitu tinggih sehingga sering menimbulkan terjadinya kecelakaan. Lurah Betung Gunawan SKM MSi menghimbau kepada pengguna jalan untuk berhati-hati ketika melintas di tanjakan tebing dayat tersebut.

“Memang hampir setiap tahun pasti ada kecelakaan di tanjakan tebing dayat tersebut. Dari itulah saya hanya bisa menghimbua kepada pengguna jalan yang kebetulan melintas di sekitar tanjakan itu, untuk lebih hati-hati. Dan kepada pihak terkait memang diharapkan agar dapat memasang rambu-rambu peringatakan di sekitar tanjakan tebing dayat tersebut, supaya pengguna jalan dapat lebih waspada,” usulnya. (Frackes)

375 Total Views 6 Views Today

Related Posts

Facebook Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com