|| Kabarkite.com – Media Online Kite

Bupati Mura Bersama Ratusan Petani  Panen Raya Cabe

Bupati Mura Bersama Ratusan Petani  Panen Raya Cabe

Kabarkite.com, Musirawas (30/11) – Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan, Selasa, 28/11/2017 kemarin bersama Ketua Pengerak PKK Musi Rawas, dr Hj Noviar Marlina Gunawan melaksanakan panen raya cabai bessama ratusan petani Dusun III Bukit Aman, Desa Sukamerindu, Kecamatan STL Ulu Terawas yang ditanam diareal 50 hektar dengan suka cita dan gembira.

Setelah melaksanakan panen raya Bupati Musi Rawas beserta rombongan meninjau lahan budidaya Cabe seluas 50 hektar dari luas keseluruhan 75 hektar yang merupakan Program Perluasan Areal Tanam (PAT) tahun 2012 lalu. Lahan ini dikelola oleh 3 kelompok tani yakni Kelompok Tani Karya Tani, Eka Tani dan Sinar Tani.
Selain meninjau lahan, Bupati melaksanakan pertemuan dengan seluruh kelompok tani dan masyarakat dengan tujuan untuk menyerap aspirasi petani terkait dengan kondisi desa dan pengelolaan lahan cabe.
Ketua Kelompok Tani Karya Tani, Dodi Prayudi mengungkapkan pihaknya sangat berbangga dengan Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan yang kelai kedua datang ke desa ini khususnya ke dusun III Bukit Aman untuk melihat langsung budi daya cabe yang selama ini dilaksanakan secara swadaya. Untuk itu, dirinya berharap petani cabe didesa ini dapat diberikan bantuan dan pembinaan yang lebih intensif sehingga budi daya cabe ini menjadi salah satu primadona desa ini dan yang terpenting daapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Diungkapkan Dodi, budi daya cabe ini secara intensif dilakoni para petani baru dua tahun terakhir dan hasilnya sudah sangat mengembirakan. Dimana setiap musim panen bisa menghasilakn 10 ton cabe/hektar dengan harga di tingkat petani Rp 25-30 ribu/kg. Namun, dirinya meyakini jika pemerintah dalam hal ini dinas terkait secara intensif juga ikut membantu peralatan, bibit dan pupuk maka hasil panen akan lebih besar dan keuntungan petani akan lebih tinggi.
Menanggapi hal ini, Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan akan menindaklanjuti keinginan para petani dengan mengintruksikan Dinas Terkait dalam hal ini Dinas Pertanian dan Peternakan serta Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura untuk memprogramkan bantuan berupa handtraktor, alat sedot air, bibit, pupuk, pinjaman lunak dan lainnya.
Dikatakan Bupati, dirinya sangat berbangga dengan masyarakat Dusun III Bukit Aman ini, karena warga dusun ini dengan semangat dan keinginan yang tinggi serta iklas dan sabar dengan kondisi yang ada tetap bersyukur dan bekerja dengan baik, hal ini terlihat dari hasil panen yang melimpah meskipun pemerintah tidak memberikan bantuan dan perhatian. Namun kata Bupati, dirinya memastikan tahun 2018 mendatang pihaknya akan serius dan fokus membantu petani dan masyarakat di Dusun ini.
Selain akan memprogramkan bantuan kepada petani cabai, pihaknya juga akan secara bertahap akan memenuhi fasilitas dusun ini seperti jalan akses ke lahan budidaya cabe, jalan perkampungan bahkan jalan utama yang menghubungkan Desa Suka Man ke Dusun III Bukit Aman ini akan ditingkatkan. Dirinya mengintruksikan Kepala Dinas PU Bina Marga agar menganggarakan pembangunan Jalan sepanjang 4,3 km ini  yang mengalami kerusakan parah hamper 80 persen.

Sementara itu, Kepala Dinas PUBM, Ir H Aidil Rusman memastikan akan menandaklanjuti intruksi Bupati dengan menganggarakan RP 2,5 Milyar untuk pembangunan Jalan Poros ini, namun dengan anggaran tersebut belum bisa meningkatkan keseluruhan jalan, tapi dirinya memastikan pihaknya akan berupaya tahun depan jalan ini dapat sepenuhnya ditingkatkan baik dengan menggunakan APBD maupun akan diajukan ke Pusat. 

Ikut serta dalam panen raya ini, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan, Ir Herianto Kepala Dinas PU Bina Marga, Ir H Aidil Rusman, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Ir Ramdani, Camat STL Ulu Terawas, Perwakilan Kapolres Mura dan Dandim 0408 Mura, Penyuluh Pertanian Kabupaten Musi Rawas. (cb/fb)

165 Total Views 12 Views Today

Related Posts

Facebook Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com