19 Pasang Calon Kepala Daerah Di Sumsel Resmi Mendaftar

Sumbagsel1919 Views

image

Foto : Ketua KPU Sumsel, Aspahani.

Kabarkite.com – Palembang (29/7), Sembilan belas bakal pasangan calon kepala daerah (Bupati-Wabup) di tujuh Kabupaten di Sumsel, resmi mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilihan Kepala Dartah (Pilkada) 9 Desember mendatang.

Dari sembilan belas bakal pasangan calon tersebut, mayoritas dari dukungan parpol peserta Pilkada, sementara hanya tiga bakal pasangan calon saja yang mendaftar dari jalur independent atau peroranga. Yaitu, satu di Kabupaten Ogan Ilir (OI) dan dua pasangan di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Menurut ketua KPU Sumsel Aspahani didampingi komisioner Ahmad Naafi, menerangkan sejak dibuka pada 26 Juli hingga 28 Juli pukul 16.00 WIB, pihak KPUD di 7 Kabupaten yang melaksanakan Pilkada, total telah menerima 19 berkas pendaftaran bakal pasangan calon kepala daerah.
Dari 19 bakal pasangan tersebut, pihak KPUD masing-masing akan memverifikasi syarat-syarat sebagai peserta Pilkada, sehingga bisa ditetapkan menjadi pasangan calon kepala daerah pada 24 Agustus mendatang.
“Nanti besok (hari ini (29/7) -red) akan dilaksanakan pemeriksaan kesehatan di RSMH hingga lusa. Dengan rincian 3 Kabupaten dahulu, baru 4 Kabupaten lusa,”katanya, Selasa (28/7) kemarin.

Dari tujuh Kabupaten di Sumsel itu sendiri, tidak ada daerah yang hanya terdapat satu bakal pasangan calon, sehingga perpanjangan pendaftaran selama tiga hari kemungkinan besar ditiadakan.
Dimana dari data KPU Sumsel, di Kabupaten OKU dan OKU Selatan terdapat 2 bakal pasangan calon kepala daerah. Sementara di OKU Timur, OI, PALI, Mura dan Muratara masing-masing terdapat 3 bakal pasang calon.
“Bisa saja karena dari verifikasi dari tim KPUD ada pasangan balon tidak memenuhi syarat, bisa tidak dijadikan pasangan calon,”ujarnya.

Informasi dari KPU Sumsel 19 Bakal pasangan calon kepala daerah yang maju dalam Pilkada 7 Kabupaten di Sumsel diantaranya  yaitu Musirawas 3 balon, Hendra Gunawan – Suwarti diusung 5 Parpol Nasdem, PKB, PKS, Gerindra dan Golkar, Ratna Mahmud – Ngadi diusung Parpol Hanura, PBB, Demokrat dan PKPI, Zulkarnaen – Sonny diusung oleh PDIP dan PPP. Sedangkan OKU Timur terdapat 3 balon Bupati dan wakil Bupati, Edwar jaya – Sugeng yang diusung partai Golkar dan PPP. Kemudian pasangan Kholik Mawardi – Feri Antoni diusung PDIP dan DEMOKRAT, dan pasangan Juanda -Eni Melani yang diusung partai Hanura, PAN serta Gerindra.(Net/kpu)

Comment