Ayam Potong Mulai Langka Di Betung

Uncategorized576 Views

Banyuasin, kabarkite : SEJAK seminggu terakhir, keberadaan ayam potong di Pasar Pagi Betung Kelurahan Rimba Asam Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin Sumatera selatan mulai langka ditemukan. Kelangkaan ayam potong ini kemungkinan disebabkan meningkatnya permintaan masyarakat akan kebutuhan ayam potong untuk acara sedekahan.
Seperti dikatakan Machmud (56) Warga Rt: 014 Rw : 03 Lingkungan II Kelurahan Rimba Asam salah satu distributor ayam potong di Pasar Pagi Betung, menurutnya sudah sejak seminggu terakhir dirinya kesulitan mendapatkan ayam potong, padahal tahun tahun sebelumnya belum perna terjadi kelangkaan seperti ini.
“Sudah seminggu ayam potong ini sulit didapat, bahkan saya sudah menghubungi kawan yang di luar kabupaten banyuasin ini untuk meminta pasokan ayam potong, namun ternyata diapun mengatakan lagi kehabisan stock,” Ujar Machmud (8/7).
Dikatakan Machmud bahwa kemungkinan besar penyebab langkanya ayam potong di pasaran dikarenakan meningkatnya kebutuhan masyarakat akhir akhir ini, sehingga pasokan ayam potong di pasar tidak sebanding dengan kebutuhan masyarakat.
“Sekarangkan banyak masyarakat yang mengadakan hajatan, mulai dari perkawinan, khitanan, hingga sykuran, ditambah lagi banyak masyarakat yang menggelar sedekah ruahan, jadi jumlah pasokan ayam di pasaran kekurangan, sebab permintaan masyarakat tahun ini benar benar luar
biasa,” beber Machmud. Dijelaskan Macmud bahwa biasanya dalam sehari dirinya bisa menghabiskan ayam potong mencapai 200 kilo gram, namun sejak ayam potong langka dipasaran, dirinya tidak bisa berbuat banyak, sementara permintaan dari masyarakat terus berdatangan.
“saya ini mulai kuwalahan, sebab dalam sehari pasti ada saja masyarakat yang menghubungi untuk memesan ayam potong, tapi harus bagaimana lagi, sebab saya sudah berusaha menghubungi rekan rekan yang berada di luar daera untuk meminnta bantuan pasokan ayam potong untuk memenuhi permintaan masyarakat, tapi mereka juga sama seperti kita disini, juga kesulitan,” tambahnya. Kelangkaan ayam potong ini diprediksi dapat membuat harga jualnya nanti bakal melambung tinggi, setelah sebelumnya harga jual di pasaran hanya 25 ribu per kilo gramnya, di khawatirkan untuk hari hari berikutnya bisa mencapai 30 hingga 32 ribu per kilo gramnya.
“Selama saya menjadi distributor ayam potong selama 7 tahun untuk Kecamatan Betung, baru kali ini mengalami kesulitan mendapatkan ayam potong, hal ini bisa mengakibatkan kenaikkan harga jual, prediksi saya bisa mencapai diatas tiga puluh ribu per kilonya nanti,” kata Machmud. Sementara itu Kepala Pasar Pagi Betung Suhardiman, SE saat dihubungi Harian Banyuasin mengaku belum mengetahui bahwa ayam potong di pasaran sudah mulai langka ditemukan, tapi katanya dia juga merasa heran dengan pedagang yang biasanya menjual ayam potong sejak beberapa hari ini hanya menjual ayam kampung saja.
“Mungkin saja ayam potong ada kelangkaan, sebab saya perhatikan sejak beberapa hari ini pedagang ayam potong hanya menjual ayam kampung biasa, coba tanya langsung saja sama distributornya,” singkatnya.(Vilkadi)