Desa Baturaja Baru Terendam Banjir

by -61 Views

Kabarkite.com-Empatlawang (2/2), HUJAN deras yang mengguyur Kabupaten Empatlawang sejak beberapa hari terkahir ini, membuat beberapa lokasi terendam banjir. Salah satunya Desa Baturaja Baru, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empatlawang, Sabtu (2/2).
Pantauan dilapangan banjir menggenangi puluhan hektar areal persawahan, puluhan rumah serta jalan di tengah desa tersebut. Air mulai menggenangi Desa Baturaja Baru, sekitar pukul 05.00 WIB. Bahkan, hingga berita ini diturunkan, air masih menggenangi beberapa titik di desa tersebut. Bahkan, akibat banjir di desa ini, membuat warga Desa Sugiwaras tidak bisa keluar dari desanya alias terisolir. Sebab, di beberapa titik banjir, ketinggian air mencapai satu meter lebih.
“Ini merupakan banjir tahunan, karena setiap musim hujan tiba, desa kami dipastikan terkena banjir,” ujar Hendra, Kades baturaja Baru.
Dengan kondisi seperti ini, Hendra berharap kepada pemerintah kabupaten (Pemkab) Empatlawang melalui dinas terkait, agar bisa memberikan bantuan berupa perahu karet ataupun sejenisnya. “Jika ada perahu karet, warga bisa melintasi jalan yang banjir. Bahkan, bisa juga mengangkut sepeda motor mereka, untuk menuju perkebunannya,” imbuhnya.
Nisa (38) menuturkan, rencananya untuk memanen buah duku pada hari ini, terpaksa dibatalkan lantaran kendaraannya tiba melintasi jalan yang terkena banjir. “Saya rugi besar hari ini, karena duku yang siap dijual terpaksa tertunda bahkan terancam membusuk,” ujarnya dilokasi banjir.
Hal senada juga diungkapkan Roni (46) warga Desa baturaja baru. Ia terpaksa meliburkan diri ke kebunnya hingga beberapa hari kedepan. “Saya bisa kembali ke kebun, jika debit air sudah surut dan bisa dilintasi dengan sepeda motor,” jelas Roni.
Sementara itu Camat Tebing Tinggi, Alhumaidi Saman mengatakan, pihaknya sduah mendapatkan laporan terkait musibah banjir tersebut dan sudah meninjau lokasi. “Ini bencana tahunan, makanya warga diharapkan lebih waspada agar tidak menimbulkan korban jiwa,” ungkap Humaidi.(Ton)