Gerbang Tani Bersihkan DAS Senaro Megang Sakti

by -9 Views

Kabarkite.com, Musirawas – Sebuah pemandangan berbeda pagi, Minggu (31/1/2021) di Bantaran Sungai Senaro di Desa Megang Sakti V Kecamatan Megang Sakti, Organisasi Masyarakat (Ormas) Gerakan Tani Indonesia (Gerbang Tani) Musirawas dan Organisasi Kepemudaan (OKP) Pemuda Panca Marga (PPM) beserta Anggota Posramil, dan Masyarakat melakukakn bhakti sosial pembersihan Daerah Aliran Sungai (DAS) senaro.

Sunardi Sekretaris Gerbang Tani Kabupaten Musi Rawas (Mura) mengatakan bahwa aksi membersihkan sungai senaro ini sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan. Mengingat akhir-akhir ini intensitas curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Megang sakti dan sungai senaro yang berada di Desa Megang Sakti V ini merupakan sungai yang beberapa titik debit air nya sering naik kepermukaan.

“Kami Gerbang Tani bersinergai dengan PPM, koramil dan masyarakat melaksanakan Bhakti Sosial membersihkan DAS untuk antisipasi terjadinya banjir di daerah tersebut,”kata Sunardi seperti dikutip dari Silampari Online.

Sementara itu, Ketua Gerbang Tani Kabupaten Mura, Sudarto menjelaskan, bahwa pembersihan sejumlah anak sungai dilakukan selain sebagai antisipasi banjir juga sebagai upaya menjaga ekologi DAS serta meminimalisir adanya air yang tergenang saat hujan tiba karena alirannya tersumbat oleh sampah maupun rumput liar.

Menurut ia, kegiatan dilakukan dengan menyusuri sepanjang aliran sungai senaro memungut sampah yang ditemukan, membersihkan cabang-cabang pohon dan tumbuhan-tumbuhan liar yang menyebabkan menumpuknya sampah di sepanjang aliran yang mengakibatkan aliran sungai terhambat.

“Kedepan kegiatan kami bukan hanya membersihkan aliran sungai, kami juga akan mengajak pihak – pihak terkait untuk melakukan aksi penghijauan di daerah aliran sungai,”tutur Suharto.

Sedangkan, Korlap PPM Kecamatan Megang Sakti, Aripin mengakui kegiatan ini merupakan upaya untuk memotivasi serta menumbuhkan kembali kesadaran akan kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan. Karena lingkungan yang tidak bersih, selain tidak elok dilihat juga dapat berdampak kurang sehat bagi masyarakat dilingkungan tersebut.(HS/*)