Guru Bangkit Pulihkan Pendidikan : Ini Cara PGRI Mura Meriahkan HUT Ke-77 di SMAN 2 Muara Beliti

Kabarkite.com, Lubuklinggau – Tidak terasa Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang merupakan organisasi beranggotakan seluruh guru di Indonesia ini telah berusia 77 tahun ,
sebagai organisasi besar, peran PGRI sungguh menetukan dan senantiasa berjuang mengangkat hak dan martabat profesi guru baik yang berstatus ASN, PPPK maupun honorer.

Oleh karenanya sebagai penghormatan kepada guru, tanggal 25 November tepat lahirnya PGRI juga ditetapkan pemerintah sebagai peringatan Hari Guru Nasional (HGN). PGRI sendiri lahir pada 25 November 1945, setelah 100 hari proklamasi kemerdekaan Indonesia artinya, Organisasi ini telah berusia 77 tahun.

Dimomentum satu tahun sekali untuk memeriahkan peringatan HUT PGRI dan HGN di Kabupaten Musi Rawas (Mura) Dinas Pendidikan dan satuan pendidikan daerah setempat laksanakan berbagai perlombaan, antar siswa dari tingkat pendidikan usia dini hingga siswa menenga atas se-kabupaten dengan tuan rumah penyelenggaraan yakni SMAN 2 Muara Beliti.

“Memeriahkan hari jadi PGRI dan HGN tahun ini, sekolah kita SMAN 2 dipercaya menjadi tuan rumah pelaksana berbagai kegiatan lomba seperti, lomba seni dan perlombaan Volly yang diikuti murid-murid satuan pendidikan di tingkat Paud, SD, SMP dan SMA yang ada di seluruh kabupaten Mura, ” Jelas Kepala Sekolah SMAN 2 Muara Beliti Kabupaten Mura Provinsi Sumatera Selatan Yasbudaya, Kepada Wartawan (11/11/22).

Yasbudaya mengatakan bahwa, kegiatan meriahkan HUT PGRI dan HGN ini, berlangsung dari tanggal 11 Hingga 12 November langsung dibuka oleh pihak Dinas Pendidikan Pemkab Mura. Selain itu juga untuk puncaknya akan dilaksanakan upacara 29 November karena berbarengan dengan peringatan HUT Korpri.

“Tahun ini di hari jadi PGRI dan HGN secara nasional mengusung tema, Guru Bangkit, Pulihkan Pendidikan Indonesia Kuat, Indonesia Maju. Semoga dengan kegiatan ini semakin pererat silaturahmi dan kekompakan antar siswa se-kabupaten Mura,”Pungkasnya. (Rudi Tanjung/Rio jarwok).