Gubernur Sumsel Gelar Nuzul Quran Secara Virtual, Hadirkan Nuansa Qur’ani Meski dalam Wabah Covid-19

by -3 Views

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-Menghadirkan kembali nuansa Qur’ani meski dalam wabah Covid-19, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar Peringatan Nuzul Qur’an 1441 H secara virtual.

Kegiatan ini dilaksanakan di Griya Agung, dengan mengundang penceramah kondang di Sumsel, Ust. solihin Hasibuan, Live melalui media massa dan sosial di Sumsel, Sabtu (09/05/2020).

Gubernur Sumsel, H Herman Deru ingin agar nuansa islami tetap hadir dalam Bulan Ramadhan ini, diantara umat muslim ditengah wabah Covid-19 di Sumsel.

“Umat Islam perlu semangat yang bernuansa religi, meski di rumah saja tanpa mengurangi nilai Ramadhan itu sendiri,” ujarnya live bersama Sripoku TV.

Dalam sambutannya juga, Deru menyampaikan apabila dua wilayah yang diusulkan PSBB nantinya disetujui, maka semua lapisan masyarakat harus siap.

Tidak hanya siap untuk tidak keluar rumah, tapi juga menjaga stamina, mempersiapkan ekonomi tidak tergerus, dan silaturahmi tidak rusak dengan memanfaatkan teknologi informasi yang ada.

“Sumsel harus tangguh, mulai dari tangguh iman, fisik dan ekonominya, butuh keseriusan para pemimpin dari tingkat provinsi hingga ke tingkat RT,” ujarnya.

Maka dari itu, Deru sudah memberikan instruksi agar tes swab dipercepat, lebih aktif, agresif dan jemput bola agar segera memutus mata rantai Covid-19 ini.

“Kita tidak usah lagi mencari siapa yang salah, anggaplah ini sebagai musibah, saatnya kita mencari solusi,” ujarnya.

Terkait larangan mudik, Deru bukan melarang agar silaturahmi terjalin, namun jangan sampai orang yang datang menjadi pembawa virus corona bagi keluarga dan tetangga nantinya.

Hal tersebut karena tidak dapat dipastikan apakah ada orang di sekitar yang merupakan PDP, positif tanpa gejala atau tidak.

“Perlu masyarakat sadari, bahwa jangan sampai hal ini terjadi, lebih baik kita cegah,” ujarnya.