KBJAM Lakukan Aksi Damai Tutup Akses Jalan Ke Perusahaan PT.SPA Muara Lakitan

Musirawas761 Views

Kabarkite.com, Musirawas – Puluhan warga yang tergabung dalam Keluarga Besar Jhon Anthony Menggugat (KBJAM) melakukan aksi damai pada hari Jum’at (19/05/23) di akses jalan masuk perusahaan PT. Suya Palm Andalan (PT. SPA) yang terletak di desa Semeteh Kecamatan Muara Lakitan Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan.

Aksi dimulai pukul 09.00 WIB sampai dengan sore hari. Akibat aksi tersebut truk-truk pengangkut buah sawit tidak bisa masuk ke lokasi pabrik. Aksi ini mendapat pengamanan dari Polres Musi Rawas diwakili oleh Kasat Intelkam Iptu Rudi Hartono SH,MSI dan Kapolsek Muara Lakitan Iptu Muhammad Abdul Karim dan juga puluhan prajurit TNI dari Koramil 406-04 Muara Lakitan ikut hadir dalam pengamanan aksi tersebut.


Koordinator Lapangan Jhon Anhony dalam orasinya mengatakan mendesak pihak perusahaan agar memenuhi janjinya kepada Keluarga Besar Jhon anthony untuk memberikan persoalan bongkar muat TBS kepada Jhon Anthony sesuai janji perusahaan.


Jhon Anthoni adalah pemilik lahan sawit seluas 32 Hektar dan lahan tersebut adalah lahan plasma. Namun lahan tersebut dijual keperusahaan PT. SPA untuk dijadikan sebagai lokasi Pabrik pengolahan kelapa sawit dan sudah beroperasi kurang lebih 4 bulan. Dalam jual beli tersebut disepakati pihak perusahaan akan menyerahkan pekerjaan bongkar muat Tandan Buah Segar (TBS ) dan suplayer ke pihak Jhon Anthony. Namun setelah pabrik sawit tersebut beroperasi pihak PT. SPA ingkar janji.

“KBJAM akan terus memblokir jalan masuk ke perusahaan sampai batas waktu yang tidak ditentukan sebelum pihak perusahaan merealisasikan janjinya”, Kata Anggun Koordinator Aksi dalam orasinya.


Setelah melakukan orasi di jalan masuki lokasi pabrik PT . SPA akhirnya manager PT. SPA menerima perwakilan masyarakat diruangan untuk berdialog. Sampai menjelang sholat jum’at belum ada kesepakatan, akhirnya dialog di tunda dan dilanjutkan pukul 14.00 WIB setelah sholat jumat.


Dikarenakan manager PT. SPA Asman belum bisa mengambil keputusan, akhirnya pada sore hari sekitar pukul 15.00 WIB Pihak PT. SPA berjanji akan ada dialog lanjutan pada hari selasa 23 Mei 2023 antara KBJAM dan PT. SPA serta unsur Tripika.

Manager PT. SPA Asman mengatakan bahwa pihaknya berjanji akan menghadirkan langsung pimpinan Perusahaan di Jakarta yang akan diwakili oleh Humas dan Legal Konsultan yang dapat mengambil keputusan dalam menyelesaikan persoalan ini sesuai dengan tuntutan KBJAM.


Koordinator Aksi Anggun mengatakan bahwa jikalau tidak terjadi penyelesaian pada selasa nanti ,pihaknya akan melanjutkan aksi massa lebih besar lagi dengan melibatkan seluruh kelompok masyarakat yang ada di kecamatan Muara Lakitan dan dan sekitarnya . Anggun juga mengapresiasi kinerja Polres Musi Rawas dan Polsek Muara Lakitan yang telah mengamankan aksi hari ini. (Ken/*).

Comment