Muratara Termiskin se-Sumsel, Kemenangan HDS-TULLAH Momentum Perubahan

by -11 Views

Kabarkite.com, Muratara (4/8) – Fauzy H Amro, Anggota DPR RI dalam keterangannya mengatakan bahwa melalui Pilkada 9 Desember 2020 nanti, Kemenangan HDS-Tullah akan menjadi momentum perubahan di Kabupaten Muratara untuk terlepas dari Kabupaten kategoritertinggal dan miskin.

“Mari menjemput perubahan dengan pemimpin baru yang mampu menjawab dan memiliki solusi kongkret untuk melakukan perubahan. Kesempatan telah di berikan selama 5 tahun, tapi gagal dan membawa petaka serta memalukan menjadi daerah termiskin Se-sumsel”, kata Fauzi

Menurutnya, dengan kondisi demikian kami mengajak rakyat Muratara bersatu menjemput perubahan dengan pemimpin baru, berikan kepercayaan kepada H Devi Suhartoni dan H Inayatullah ( HDS Tullah) untuk berjuang bersama rakyat Muratara keluar dari status daerah termiskin di Sumsel.

Diinformasikan bahwa Presiden Jokowi telah menandatangani Perpres Nomor 63 tahun 2020 tentang penetapan daerah tertinggal tahun 2020-2024.

Perpres yang ditandatangani per 27 April 2020 itu memuat syarat dan ketentuan suatu daerah dikategorikan sebagai daerah tertinggal.
“Daerah tertinggal adalah daerah kabupaten yang wilayah serta masyarakatnya kurang berkembang dibandingkan dengan daerah lain dalam skala nasional,” kutip Tirto dalam pasal 1 ayat 1 Perpres tersebut, Jumat (8/5/2020).

Penetapan daerah sebagai daerah tertinggal berdasarkan setidaknya 6 kriteria, yakni perekonomian rakyat, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, kemampuan keuangan daerah, aksesibilitas dan karakteristik wilayah.

Pemerintah menetapkan kembali daerah tertinggal setiap 5 tahun sekali secara nasional berdasarkan indikator tersebut dan mengevaluasi pembangunan daerah tertinggal secara berkala.
Setidaknya ada 62 daerah tercatat dalam Perpres 63 Tahun 2020. Berikut daftar daerah tertinggal dalam Perpres tersebut:

(*)