Jangan Anggap Remeh Karang Kecil, Wahai Pak Jokowi

by -431 views

 Foto : Aksi Jalan Kaki Petani Jambi.

Kabarkite.com,Opini (27/3)- Selamat  Weekend Pak Presiden. 

Sudah sejak subuh BBM saya terus berdering menerima BC kawan – kawan yang mengambarkan perjuangan hari demi hari Petani Jambi & Suku Anak Dalam (SAD) yang melakukan aksi jalan kaki dari Jambi Menuju Istana negara. 
Saat Petani jambi dan SAD saat ini berada di wilayah Kecamatan Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin dan disepanjang titik yang dilintasi petani jambi & SAD berada diwilayah konflik agaria pak presiden. 
Seperti di Kabupaten Ogan Ilir ada konflik antara warga Tanjung Batu dengan PTPN VII Cinta Manis, sekedar mengingatkan betapa kejamnya konflik agaria di Ogan Ilir pak presiden ada bocah bernama Angga di desa Limbangan Jaya Ogan Ilir meninggal tak berdaya terkena peluru aparat. 
Bukan hanya itu pak presiden, konflik agaria yang mereka alami bukan hanya menghancurkan kehidupan mereka namun juga membuat nasib mereka dinegara ini semakin tidak jelas rasa takut selalu hadir. 
Bukan hanya di Ogan Ilir pak presiden, di Kota Palembang yang kemarin bapak baru kunjungi untuk melihat kesiapan asean games 2018 dengan kemegahan gedung dan transportasinya juga berhadapan dengan konflik agaria tanah leluhur mereka yang sudah didiami berpuluh – puluh tahun harus digusur dengan PT KAI untuk perluasan gudang batubara. 
Dan ada lagi wilayah yang menyedot perhatian publik saat tahun 2012 lalu pak wilayah Ogan Komering Ilir yang banyak perusahan ber HGU juga wilayah dengan gambut terbesar juga mengalami konflik agaria. 
Diutara Sumatera Selatan Pak Presiden tepatnya di Musi Rawas, ada ratusan kepala keluarga menghadapi hal sama, rumah mereka diporak porandakan oleh buldoser, hutan dan perkebunan yang mereka tanami sudah rata dengan tanah. 
Pak Presiden, itu hanya gambaran dari apa yang menjadi problem kaum tani kita. Jangan angkuh pak, Titanic bisa tengelam karna menganggap remeh karang yang menembus lambung kapal. 

Pagaralam, 27 Maret 2016.(Fuad)