Pemberdayaan Ekonomi Pedesaan ‘BUMDes’ Launching Mart Sejahtera Desa Sungai Jauh

by -3 Views

Kabarkite.com, MURATARA- Devi suhartoni, Bupati Musi Rawas Utara (Muratara) provinsi Sumatera Selatan, diwakili Kepala dinas PMD-P3A Kabupaten Muratara, Meresmikan launching Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) mart Sejahtera Desa sungai jauh kecamatan Rawas ulu, Senin 20/3/2021.

Peresmian launching BUMDes Mart sejahtera desa sungai jauh ini dilakukan dalam rangka mewujudkan visi Kabupaten Muratara, salah satu pilar kabupaten adalah smart ekonomi yang didalamnya terdapat pemberdayaan ekonomi pedesaan yang bersumber dari dana desa (DD) tersebut yang BUMDes bergerak di bidang usaha minimarket.

Dengan adanya BUMDes mart sejahtera ini masyarakat dapat memanfaatkan keberadaannya untuk memenuhi kebutuhan sehari hari dan juga menjadi wadah untuk pengembangan UMKM masyarakat lainnya.

Peresmian launching BUMDes mart sejahtera ini dihadiri Bupati Muratara yang diwakili oleh kadis PMD-P3A Muratara Gusti Rohmani, Camat Rawas ulu Abdul Kadir, Polsek dan Koramil Rawas ulu, Kades sungai jauh Sukoco berserta perangkat, anggota BPD, pendamping desa dan para tamu undangan berserta masyarakat desa sempat.

Bupati Muratara Devi suhartoni dalam hal ini yang diwakili oleh kadis PMD-P3A Muratara Gusti Rohmani menyampaikan, dengan diresmikannya langsung BUMDes mart sejahtera, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat dan dapat dijadikan contoh bagi desa desa yang lainnya di Kabupaten Muratara.

“Kita baru saja meresmikan dan launching BUMDes mart sejahtera sungai jauh, Kami berharap bahwa ekonomi daerah semakin bangkit. Maka diantaranya kami harus menjadi contoh dari BUMDes mart sejahtera ini,” katanya.

Lebih lanjut Gusti Rohmani yang mewakili Bupati Muratara Devi suhartoni mengatakan, bahwa barang yang tersedia di minimarket adalah barang kebutuhan masyakarat dengan harga yang terjangkau dan mutu yang baik.

Selain itu Gusti Rohmani juga mengingatkan minimart tersebut harus dikelola dengan manajemen yang rapih dan profesional dan selaku pembina kadis PMD-P3A kepada kades di seluruh Muratara untuk mempersiapkan laporan kegiatan BUMDes nya dan kami akan melakukan pembinaan ke desa desa dalam waktu dekat ini.

“Kami sudah berbincang dengan pak kades segala hal. Jadi Kebutuhan kebutuhan masyarakat tapi harganya harus standar dan mutunya juga harus baik. Selain itu juga BUMDes mart sejahtera harus profesional dalam mengelola dengan manajemen yang rapih dan dalam waktu dekat ini kami akan memberikan pembinaan ke desa desa” ujarnya.

Dalam sambutannya kades sungai jauh Sukoco mengatakan, dari sisi pengisian produk yang dijual di minimarket BUMDes mart sejahtera berkolaborasi dengan produsen home industri sekitar. Dengan demikian antara minimarket BUMDes dengan warung masyarakat dapat berjalan bersamaan.

“Pengisian produk yang dijual di minimarket BUMDes mart sejahtera ini berlokasi dengan produsen home industri/produksi industri rumahan dan juga wadah untuk UMKM masyarakat sekitarnya” jelasnya Sukoco.

Dalam kesempatan itu juga, Abdul Kadir selaku camat Rawas ulu menjelaskan, bahwa BUMDes mart sejahtera ini adalah warung moderen seperti halnya alfamart atau lainnya. Program BUMDes smart sejahtera yang bergerak di bidang minimarket ini pertama kali di desa sungai jauh dan baru ada 1 di kabupaten Muratara.

“BUMDes Mart Sejahtera ini bisa menjadi contoh bagi desa-desa yang lain dan kami pun mengharap Kepada Bank Bank yang ada di Muratara akan memberikan modal untuk BUMDes ini,” pungkasnya.

Jurnalis David