๐’๐Œ๐Š๐ ๐Ÿ‘ ๐‹๐ฎ๐›๐ฎ๐ค๐ฅ๐ข๐ง๐ ๐ ๐š๐ฎ ๐’๐ฎ๐ฆ๐ฌ๐ž๐ฅ ๐๐ข๐ฌ๐š ๐‡๐ž๐›๐š๐ญ ๐๐š๐ง ๐’๐ข๐š๐ฉ ๐๐ž๐ค๐ž๐ซ๐ฃ๐š

Lubuklinggau424 Views

Kabarkite.com, Lubuklinggau โ€“ Sekolah menengah kejuruan (disingkat SMK) adalah pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah setara dengan SMA/MA. Jika di Kota Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Salah satu SMK favorit dengan yang banyak diminati peserta didik setiap tahun yakni SMKN 3 di Jalan Pioner no.46 Bv Kelurahan Air Kuti Kecamatan Lubuk Linggau Timur I Kota setempat.

Selain SMKN 1 dan SMKN lain yang ada di bumi sebiduk samare hingga kini, SMKN3 Lubuklinggau masih menjadi primadona menarik yang banyak di minati oleh para siswa-siswi untuk melanjutkan pendidikan mereka ketingkat sekolah atas setara SMA. bila kita lihat dari jumlah perta didik yang mendaftarkan pada PPDB tahun ini , sekolah kejuruan itu sangatlah diminati alhasil usai PPDB Juni lalu diketahui dari data yang didapatkan awak media update dapodik 26 Juni 2023 jumlah murid SMKN 3 sudah mencapai 1301 orang.

Hal lain yang menjadi ketertarikan para siswa ternyata SMKN 3 Lubuklinggau memiliki enam jurusan kompetensi keahlian seperti, Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, Teknik Audio Video, Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan, Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan terakhir jurusan Teknik Komputer dan Jaringan.
Keenam jurusan kompetensi keahlian yang dapat dipilih oleh para siswa ketika masuk di SMKN3 Lubuklinggau itu nantinya, akan menjadi bukti kelebihan lain dari siswa lulusan SMK bahwa mereka siap untuk bekerja.

Alasan orang tua siswa sendiri banyak mengarahkan anak-anak mereka agar sekolah kejuruan , dikarenakan dengan anak tidak hanya mendapatkan materi praktik dan teori, tetapi juga pembekalan kewirausahaan. Tentunya dengan harapan, setelah lulus nanti, anak mereka juga bisa menciptakan lapangan kerja sendiri dengan membuka usaha sesuai bidang keahlian yang sudah para siswa tentukan sendiri. Siswa SMK bisa bekerja dengan cepat dari skill yang dimiliknya sejak duduk di bangku sekolah.

โ€œSetidaknya selepas selesai sekolah anak saya , punya keahlian dan bisa membuka usaha sendiri tentu hal ini yang menjadi pertimbangan kami sebagai orang tua. sebagai ayah saya hanya mengarahkan dan memutuskan kompetensi keahlian anak la yang menentukan,โ€ Ujar indra salah seorang wali murid SMKN 3 pada Wartawan belum lama ini.

Puguh Purnomo, MPd Kepala SMKN 3 Kota Lubuklinggau mengungkapkan bahwa, pendidikan kejuruan berperan penting dalam menyiapkan peserta didik agar siap dan mampu memasuki dunia kerja dengan bekal ilmu dan keterampilan yang telah didapatkan di sekolah sesuai dengan minat jurusan Kompetensi Keahlian yang dipilih mereka masing-masing.

Diceritakannya, para siswa yang ada tidak hanya mendapatkan materi praktik dan teori, tetapi juga pembekalan kewirausahaan. Hal ini tentu diharapkan, setelah lulus nanti anak juga bisa menciptakan lapangan kerjanya sendiri. dengan membuka usaha sesuai bidang keahlian yang dimilikinya.

Tidak cukup disitu sebagai pemimpin Puguh, terus berupaya memberikan dan mengembangkan motivasi para guru dan siswa saat di sekolah. Seperti proses belajar mengajar siswa biar lebih semangat dan bermanfaat tentunya, para guru dibekali dengan pemilihan metode belajar yang tepat dilingkungan SKN3 untuk para siswa, memaksimalkan fasilitas pembelajaran, Manfaatkan media belajar, Meningkatkan kualitas guru dengan evaluasi dan pembelajara yang baik.

โ€œHal ini somoga bisa ciptakan suasana belajar yang menyenangkan, serta ciptakan persaingan dan kerjasama yang baik agar yang diharapkan dapat terwujud sebagai mana mestinya,โ€ pungkasnya. (Rudi Tanjung)