STAI Bumi Silampari Lakukan Koordinasi untuk alih Status Menjadi Perguruan Tinggi Negeri

by -3 Views
Berita Terkini

LUBUKLINGGAU, Kabarkite.com - Pimpinan STAI Bumi Silampari Lubuklinggau melakukan rapat koordinasi bersama Direktur Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama Republik Indonesia untuk mengusulkan STAI Bumi Silampari menjadi Perguruan Tinggi Islam Negeri. Hal ini dilakukan di ruang rapat Kopertais wilayah VII Sumatera Bagian Selatan (25/5/2021).

Rapat koordinasi tersebut dihadiri langsung Direktur Diktis Kementerian Agama Republik Indonesia, Prof. DR. H. Suyitno, M.Ag., dan Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama PTKI Muhammad Adib Abdushomad, M.Ag., M.Ed., Ph.D, Serta hadir Rektor Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang sekaligus sebagai Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam (Kopertais) Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag., M.Si., Wakil Kopertais, DR. Zainal Berlian, MM, DBA., Sekretaris Kopertais, DR. Ahmad Zainuri serta Ketua LPM UIN Raden Fatah, DR. Syahril Jamil, M.Pd.

Prof DR. H. Suyitno, M.Ag., selaku Direktur Diktis Kementerian Agama Republik Indonesia, mengatakan bahwa pertama untuk melakukan alih status yaitu berdasarkan Peraturan Menteri Agama.

“Diktis mempunyai grand design atau cetak biru mau dibawa kemana PTKI ke depan, sehingga tidak ada program yang ‘ujuk-ujuk’. Tujuan nya adalah kita memiliki tahapan-tahapan seperti apa. Tanah harus sudah bersertifikat, perlu komitmen pemerintah lengkap terkait dengan kesiapan infrastruktur, kesiapan pembiayaan, dan lainnya. Pastikan semua yang terlibat sudah menyatakan kesiapan bersama. Dan akan dipastikan masuk dalam grand design kementerian agama ” ujar Prof Suyitno.

Prof. Nyayu mengatakan ini adalah aktivitas penting sebagai niat baik untuk masyarakat di Lubuklinggau, Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Musi Rawas Utara dan wilayah kabupaten sekitar.
Kedepan harus ditunjukkan sinergi antara perguruan tinggi, pemerintah, dan organisasi kemasyarakatan yang ada untuk menjadikan masyarakat yang lebih baik.

“Tidak hanya Direktur yang hadir tetapi Kasubdit juga hadir dalam aktivitas penting ini. Pertama, Kami sangat mendukung yang sifatnya baik terutama untuk meningkatkan kualitas lembaga, Kedua, harus sesuai dengan peraturan yang ada serta ketiga adalah sinergi atau peran pemerintah daerah dengan bukti kongkrit” ujar Prof Nyanyu, yang juga merupakan Rektor Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama PTKI Muhammad Adib Abdushomad, M.Ag., M.Ed., Ph.D, mengatakan bahwa hari ini adalah hari yang luar biasa untuk STAI BS, selanjutnya adalah diperlukan beberapa hal penting, antara lain; saat ini yang menjadi program tahun ini adalah IAIN Pangandaran yang menjadi negeri.

“Harus ada keunikan atau program unggulan dari perguruan tinggi yang akan di negeri-kan. Pemerintah Pangandaran sudah memberikan komitmen dengan 10 hektar lahan dan sudah dibuatkan sertifikat atas nama perguruan tinggi yang akan didirikan” tambah Adib.

Sekretaris Kopertais, DR. Ahmad Zainuri juga mengatakan bahwa kita Bersyukur ke depan ada negeri. Paling tidak ada tambahan perguruan tinggi negeri dari wilayah Sumatera bagian barat. Terutama untuk wilayah Lubuklinggau, Musi Rawas dan Kabupaten Musi Rawas dan kabupaten serta propinsi terdekat lainnya yang bisa memasukkan anaknya ke Perguruan Tinggi Negeri kedepannya.

Sementara itu, Ngimadudin, MH, Ketua STAI Bumi Silampari mengatakan bahwa segera akan menindaklanjuti arahan Direktur Diktis Kementerian Agama Republik Indonesia dengan membentuk tim percepatan usulan STAI Bumi Silampari alih status menjadi Perguruan Tinggi Negeri Agama Islam.

“Insya Allah, dengan izin Allah dan doa serta peran serta kita semua, akan berdiri Perguruan Tinggi Agama Islam negeri di Bumi Silampari dengan bantuan semua pihak terutama Pemerintah Daerah dan stakeholder terkait” tutup Ngimad (*)

The post STAI Bumi Silampari Lakukan Koordinasi untuk alih Status Menjadi Perguruan Tinggi Negeri appeared first on MediaPerubahan.Com.

No More Posts Available.

No more pages to load.