Gulai Ampai Musirawas

by

Kabarkite.comKuliner, ZAMAN sekarang, hampir semua masakan menggunakan bumbu moderen atau tidak alami. Kendati begitu, bukan berarti masakan tradisional ditinggalkan begitu saja. Selain murah meriah, bahan dan bumbu masakan tradisional mudah didapat, dan menyehatkan badan. Bukan cuma itu, makanan tradisional dicari karena mempunyai ciri khas dan cita rasa yang tidak bakal didapat pada masakan yang menggunakan bumbu instan.

Sedikit mengobat kerinduan kita akan masakan daerah yang penuh dengan kekhasannya, terutama bagi kita yang dirantau, Berikut kami sajikan resep Sayur Ampai Musirawas ala Winar Bebi, pembaca kita di Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Selamat mencoba…

Bahan-bahan:

Jamur kira-kira 1 gengggam (kurang lebih 2 ons)
Terong hijau bulat yang muda-muda (kira-kira 10 buah)
Daun kemangi 2 tangkai
Daun jahe
Daun kunyit
Daun kencur
Lengkuas muda

Cara Membuat:

Semua daun (kecuali daun kemangi) diiris kecil. Lengkuas muda dipotong-potong. Terong dibelah empat. Jamur diiris-iris. Kemudian masukkan air ke dalam panci secukupnya, masukkan terong dan jamur. Masak sampai mendidih. Setelah setengah matang masukkan irisan daun-daunan dan potongan lengkuas juga kemangi. Tambahkan garam dan penyedap rasa. Masak hingga matang. Setelah itu, masakan siap disantap. Selamat menikmati. (Edosaman)