Hitung Cepat Charta Politika : Dodi Reza – Beni Hernedi Unggul 77℅ 

by -860 views


Kabarkite.com, Muba (16/2) – Pasangan Dodi Reza Alex-Beni Hernedi yang diusung dan didukung 11 partai politik (parpol) dari hitungan cepat atau quick count pada pemilihan kepala daerah (pilkada)  Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) berhasil unggul atas pasangan Amiri Arifin-Ahmad Toha, Rabu (15/2).
Berdasarkan quick count yang dilakukan lembaga Charta Politika, pasangan nomor urut satu Dodi – Beni berhasil unggul dengan perolehan suara 77 persen dari pasangan calon independen pasangan Amiri Arifin-Ahmad Toha dengan perolehan suara 23 persen. Pemilih yang tidak menggunakan hal pilihnya mencapai sekitar 40 persen dari jumlah pemilih 464.909 orang.
Koordinator wilayah Charta Politika Sumsel Wawan Hasibuan menjelaskan, quick count yang dilaksanakan Charta Politik hingga pukul 18.00 WIB menghasilkan data yang masuk  99,99 persen dari seluruh TPS yang menjadi sampel pada Pilkada Kabupaten Musi Banyuasin. 
Charta Politika melaksanakan quick count dengan sampel 200 TPS  (tempat pemungutan suara) dari jumlah sebanyak 1.464 TPS yang tersebar di Kabupaten Muba. Sampai Rabu petang, dari 99 persen data yang masuk pasangan yang diusung Partai Golkar unggul jauh dari pesaingnya Amiri Arifin-Ahmad Toha.
Pasangan nomor urut satu unggul hampir di seluruh kecamatan di Muba. Di Kecamatan Plakat Tinggi dengan sampel  8 TPS pasangan Dodi–Beni unggul 86 persen dari pasangan Amiri – Toha hanya 14 persen.
Di Kecamatan Keluang dengan sampel 10 TPS, Dodi kembali mengungguli yakni 83 persen, Amiri Arifin 17 persen. Kecamatan Babat Toman, Dodi kembali mengungguli dengan sample yakni sebanyak 11, Dodi yakni 96 persen sementara Amiri Arifin hanya 4 persen.
Kemudian di Kecamatan Sanga Desa dari sampel sebanyak 11 sample, pasangan Dodi–Beni kembali unggul dengan perolehan suara 66 persen, pasangan Amiri–Toha 34 persen. Di Kecamatan Sekayu yang merupakan ibu kota Kabupaten Muba, dari 26 TPS sampel , Dodi–Beni unggul dengan perolehan 88 persen dan Amiri–Toha 12 persen.
Di Kecamatan Lawang Wetan dengan sampel 9 TPS pasangan Dodi–Beni kembali unggul 64 persen dan pesaingnya 36 persen. Kecamatan Sungai Keruh sampel 14 TPS pasangan nomor satu memperoleh 61 persen dan pasangan nomor dua 39 persen. Di Kecamatan Lais dari 23 sampel TPS Dodi–Beni kembali unggul 76 persen, dan 26 persen diperoleh pasangan Amiri–Toha. Kemudian di Lalan Dodi–Beni unggul telak pada 13 TPS sampel dengan perolehan suara 90 persen.
Sementara itu mengenai tingginya jumlah warga yang tidak menggunakan hak pilih atau golput menurut Wawan Hasibuan, “Kita belum mengetahui apa penyebab tingginya angka tidak memilih.”
Sementara itu Gubernur Sumsel Alex Noerdin yang juga ikut memantau hasil quick count Pilkada Muba di kediaman pribadi di jalan Merdeka, memperkirakan tingginya persentase warga yang tidak menggunakan hak pilihnya karena faktor alam. “Sumatra Selatan di wilayah Musi Banyuasin sejak kemarin sore diguyur hujan. Jadi mereka tidak datang karena faktor hujan,” katanya.(rep/net)