KBRD Sumsel Siap Bangun Perekonomian berbasis Kerakyatan

by -84 views

Kabarkite.com, Palembang (27/1) – Keluarga Besar Rakyat Demokratik (KBRD) Sumatera Selatan yang merupakan salah satu bagian dari perjuangan pro demokrasi siap membangun wadah usaha berbasis ekonomi kerakyatan yang memang telah menjadi ruh perjuangan bagi kelompok aktivis yang berasal dari kalangan mahasiswa, buruh, petani dan kaum miskin kota tersebut.

Juru bicara KBRD Sumsel, Rio Solehuddin, di Palembang, Sabtu (26/1) mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan sejumlah kegiatan usaha untuk membangun perekonomian berbasis kerakyatan yang bersinergi dengan berbagai stakeholder di daerah tersebut.

“Tentu sangat penting mendorong program unggulan Pemprov Sumsel berupa peningkatan pembangunan infrastruktur di pedesaan terealisasi sehingga target penurunan angka kemiskinan satu (1) digit bisa terlaksana dengan prioritas utama basis petani yang memang mayoritas di provinsi ini,”katanya pada Temu Kangen dan Rembug Bersama KBRD Sumsel.

Menurut dia, tidak bisa dipungkiri Sumatera Selatan adalah daerah yang kaya dengan sumber daya alam berlimpah dan beragam tetapi berdasarkan data BPS ternyata angka kemiskinan masih cukup tinggi mencapai 12,80 persen pada tahun 2018.

Angka kemiskinan tersebut, tentunya masih diatas angka kemiskinan nasional yang tercatat sebanyak 9,82 persen. Kondisi tersebut tentu sangat miris di tengah kekayaan yang luar biasa masih banyak warga yang miskin, tambahnya.

Ia mengatakan, karena itu untuk mengoptimalkan perekonomian masyarakat KBRD Sumsel yang notabene telah terlibat aktif dalam memperjuangkan hak-hak rakyat tertindas dan miskin sejak tahun 1990an kini serius membangun usaha bersama.

Mewujudkan demokrasi ekonomi dan politik sebagai satu kesatuan yang tak terpisahkan adalah satu langkah membebaskan masyarakat dari kemiskinan, katanya.

Dia menjelaskan, potensi ekonomi Sumsel yang multi sektor mulai dari pertanian, perdagangan dan perkebunan serta pertambangan tentu harus digarap serius untuk kepentingan menyejahterakan rakyat secara merata, bukan hanya kelompok tertentu tetapi mencakup semua lini masyarakat.

Pembangunan ekonomi berbasis kaum tani, buruh maupun pedagang tentu sudah saatnya direalisasikan, agar tidak semata jadi wacana tetapi memang nyata dilaksanakan, ujarnya.

Sementara KBRD Sumsel merupakan gabungan dari aktivis pro demokrasi yang sebelumnya sama-sama “sekolah” di Partai Rakyat Demokratik, dan organisasi-organisasi pendukungnya.

Sejak tahun 1990an telah aktif bergerak menyuarakan kepentingan rakyat tertindas dan miskin melalui beragam kebijakan organisasi yang dijalankan di seluruh wilayah Nusantara dengan melawan segala bentuk penjajahan dan penindas di Bumi Indonesia.

Juru bicara KBRD Sumsel
Rio Solehuddin
cp : +62 812-7934-2946