PUJASUMA Lubukinggau Gelar Festival Kuda Kepang Se-SUMSEL

by

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Lubuklinggau ke-17, Wali Daerah Pujasuma Kota Lubuklinggau yang merupakan Paguyuban Keluarga Jawa Sumatera di Kota Lubuklinggau berencana dalam waktu dekat akan menggelar Festival Linggau Kuda Kepang se-Sumbagsel.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Wali Daerah Pujasuma Kota Lubuklinggau Ir Subandio Amin melalui Ketua Divisi Seni dan Kebudayaan Ki Dalang Budi Sulistiono SPd sekaligus juga sebagai Ketua Penyelenggara acara tersebut saat ditemui diruang kerjanya, Minggu (14/10/2018).

“Ini adalah sebagai upaya melestarikan kebudayaan Jawa dan mengapresiasi eksistensi komunitas seni budaya jawa terkhusus seni kuda kepang di wilayah sumsel dan sekitarnya,” ungkap Mas Budi Dalang, begitu sapaan akrabnya.

Acara ini sendiri direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 18 hingga 21 Oktober 2018 dan bertempat di Taman Olahraga Silampari Kota Lubuklinggau.

Adapun Perlombaannya sendiri terdiri dari beberapa kategori penilaian antara lain Wirogo (tari) meliputi Wayangan dan Barongan, Wiromo (Gamelan) meliputi Komposisi musik, serta Wiroso (estetika/keindahan penampilan) yang merupakan penilaian keseluruhan.

“Festival ini memperebutkan trophy tetap serta dana pembinaan dengan total hingga puluhan juta yg merupakan bentuk motivasi bagi para peserta dan pemenang utk semakin meningkatkan pelestarian seni budaya kuda kepang yg merupakan salah satu aset budaya nusantara,” tukasnya.

Ditambahkannya, animo peserta hingga saat ini yang telah mendaftarkan diri mencapai 35 grup yg berasal dari beberapa komunitas atau grup kuda kepang dari berbagai daerah. Bukan hanya dari Sumsel ada juga yang berasal dari Prov Bengkulu dan Jambi.

“Untuk peserta dari Sumsel yg telah mendaftarkan diri berasal dari kab Musi Rawas, Muratara, Kota lubuklinggau, Empat Lawang, Lahat, Muara Enim. Dan diharapkan sampai sebelum technical meeting yg dijadwalkan tgl 16 okt 2018 ditargetkan peserta yg mengikuti festival mencapai 50 s/d 70 peserta,” tambahnya.

Lebih lanjut ditambahkannya, untuk menarik animo seluas-luasnya, panitia membebaskan biaya pendaftaran bagi peserta.

“Untuk pendaftaran peserta dapat langsung ke alamat tempat pendaftaran di Radio Citra Atlas Kel Tanah Periuk Kec Lubuklinggau Selatan, pendaftarannya Gratis,” ungkapnya penuh semangat.

Disampaikannya juga, panitia penyelenggara menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Walikota Lubuklinggau dan seluruh jajarannya yang telah memfasilitasi kegiatan ini, serta support dari semua pihak yg telah membantu penyelenggaraan kegiatan ini. (Rilis)