Tuesday , September 25 2018
Home / Kabar Desa / Papan Monografi Desa Bergambar Aswari Seharga 15Juta

Papan Monografi Desa Bergambar Aswari Seharga 15Juta

Foto : Papan Monografi Desa Bergambar Bupati Lahat Aswari Rifa’i.

Kabarkite.com, Lahat (16/9) – Lebih dari 300 desa di Kabupaten Lahat serentak menganggarkan dan membeli papan monografi seharga Rp.15 juta ini dengan menggunakan Dana Desa tahun 2015. Beberapa aktifis LSM di kabupaten Lahat mempertanyakan item pembelian papan monografi desa bergambar Bupati Lahat Saifudin Aswari Rivai yang juga bakal calon Gubernur Sumsel.


Seperti dikutip dari media online radarnusantara.com, beberapa Kepala desa mengatakan bahwa semula mereka tidak mengetahui perihal pembelian papan monografi desa tersebut, sebab dalam perencanaan yang terucap dalam Musyawarah desa, mereka tidak mencantumkan pembelian papan monografi desa tersebut. 
“Pendamping desa yang membantu/mengajari kami untuk membuat RAPBDes, kemudian masuklah rencana pembelian papan monografi desa itu,” kata seorang kades yang namanya tidak mau disebut.


Ia juga menjelaskan bahwa ketentuan harga papan monografi bergambar Bupati Lahat Saifudin Aswari Rivai itu sudah dipatok Rp.15 juta dari penjual yaitu PT. Tridys.

 “Harga tersebut dikatakan oleh pendamping, dan tidak bisa dikurangi, ya jadi kami menurut saja, sebab katanya pembelian papan monografi tersebut sudah ketentuan orang atas,” katanya. 
Kepala desa tersebut menjelaskan bahwa proses Pembelian dan pembayaran papan monografi tersebut melalui forum kepala desa yang ada disetiap kecamatan. 

“Kami membayar kepada Ketua Forum kades, setelah membayar kami diberi tanda terima penyerahan uang, tapi itu bukan kwitansi resmi yang berasal dari pihak penjual papan monografi tersebut,” katanya.

Lebih lanjut, Kepala desa tersebut tidak tahu lagi kemana ketua forum tersebut membayarkan uang yang telah mereka setor. Selang berapa hari kemudian, papan monografi tersebut sudah diantar ke desa. 

“Kalau mahal, ya sebenarnya mahal, tapi kami tidak mau ambil pusing, kami menurut saja, kan itu uang negara juga yang membayarnya,” kata sang kades. 

Abdul Rauf, Kasi Pemerintahan Desa BPMdes Lahat pun mengelak jika ia yang harus bertanggung jawab terhadap penganggaran dan pembelian papan monografi desa tersebut. Abdul Rauf mengatakan bahwa pihak BPMDes Lahat tidak terlibat apapun dengan proses pembelian papan monografi desa ini. Walaupun PT. Tridys menghubunginya terlebih dahulu. 

“BPMdes hanya sekedar memfasilitasi petransferan uang dari rekening daerah ke rekening desa,” kata Rauf. Ia pun mengatakan BPMDes tidak pernah mengkoordinir apalagi mengarahkan desa untuk membeli papan monografi produksi PT. Trydis.


Dilain pihak Andri Novanto Sekretaris Pusat Kajian Strategis Pembangunan Desa (PUSAKA SEMBADA) mengatakan  bahwa jelas masalah ini ada oknum yang bermain memanfaatkan Dana Desa untuk kepentingan Politik.

“ini yang main adalah para oknum yang tak bertanggung jawab, dan yang akan di dipersalahkan sudah jelas, kades saja tidak paham kenapa ada uang yang di peruntukan untuk monografi sebesar itu, terus ini kepentingan siapa….?”, tegasnya.(Net/red)

About kabarkite

Check Also

PB Ogan Ilir Peringati Harlah PKB Ke-20

Kabarkite.com, Ogan Ilir (24/7) – Dewan Pengurus Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kabupaten Ogan Ilir …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: