Betung Butuh Drainase

by -482 Views

image

*foto : Jalan di Betung yang butuh rainase

Kabarkite.com-Betung (5/7),Tidak adanya drainase di sisi kiri kanan jalan, menjadi salah satu penyebab utama kerusakan jalan yang sering terjadi Di Jalan Lintas Timur dan Lintas Tengah Di Kota Betung.

Dari pantauan media online Kabarkite.com, hampir sebagian jalan yang ada di Kota Betung belum mempunyai drainase. Kalau pun ada drainase, sebagiannya sudah tidak berfungsi lagi, alias sudah tersumbat.

Seperti yang terlihat di Jalan Lintas Tengah arah ke Kabupaten Musi Banyuasin dan Kota Lubuk Linggau, hampir di sepanjang jalan tidak ditemukan drainse, sehingga sebagian besar jalan cepat sekali mengalami kerusakan.

Begitu juga dengan Jalan Lintas Timur arah Provinsi Jambi, disini juga belum seluruhnya mempunyai drainase, sehingga warga yang tinggal di dataran rendah sering sekali mengalami kebanjiran jika hujan deras datang.

Masih sedikitnya dranase di sepanjang Jalan Lintas Tengah dan jalan Lintas Timur di Kota Betung, diduga karena masih kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya saluran air tersebut, sehingga tidak ada inisiatif untuk menggali sendiri drainase di depan rumah atau rukonya masing-masing, akibatnya, selain dapat mempermudah kerusakan jalan, tidak adanya drainase juga dapat menyebabkan kebanjiran.

Seperti dikatakan zulkarnain (39) warga Kelurahan Betung, dia menganggap pentingnya dibangun drainase di sepanjang jalan yang ada di Kota Betung, apalagi kota betung merupakan kota perdagangan yang selalu ramai dikunjungi masyarakat.

“Saya kira memang seharusnya pemerintah segera melakukan pembangunan drainase di sepanjang Jalan Lintas Timur dan Lintas Tengah di Kota Betung ini, supaya dapat meminimalisir kerusakan jalan, dan kebanjiran, sebab rata-rata drainase yang ada sudah tersumbat, sehingga air mengalir hingga ke badan jalan,” bebernya, kemarin.

Harapan supaya pemerintah dapat segera melakukan pembangunan drainase juga disampaikan Nawi (37) juga warga Kelurahan Betung, menurutnya jika tidak segera dibangun drainase, jalan yang ada di Kota Betung tidak akan bertahan lama, sebab akan cepat rusak jika di musim hujan, karena air hujan akan tergenang dimana-mana.

“JIka di sepanjang jalan sudah ada drainase, saya yakin kerusakan jalan tidak separah ini, sebab kebanyakan kerusakan jalan disebabkan air yang tergenang, ditambah lagi dengan tonase kendaraan yang berlebihan, namun jika sudah ada drainase, setidaknya air yang tergenang di badan jalan jika musim hujan datang, tidak sebanyak sekarang, dan kerusakan jalan pun sedikit berkurang,” katanya, (kadi)