Kuliah Umum: S3 Manajemen Pendidikan FKIP UNMUL Bersama Prof. Dr. H. Sugiyono, M.Pd:  Cara Mudah Menulis Tesis dan Disertasi

Nasional318 Views




Kabarkite.com, Samarinda – Program Studi Doktoral Manajemen Pendididkan FKIP Universitas Mulawarman melaksanakan kegiatan kuliah umum Bersama Prof. Dr. H. Sugiyono, M.Pd, Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta dan ahli dalam bidang Metodologi Penelitian, yang sudah mendapatkan 4 (empat) penghargaan Rekor MURI bidang Metodologi Penelitian, dimana bisa terlihat dari sejumlah buku bidang metodologi yang beliau terbitkan. Kegiatan dilaksanakan dengan metode hybrid pada hari sabtu tanggal 30 Maret 2024 di Gedung Dekanat FKIP Lt.3 yang dihadiri secara offline oleh sekitar 60-an mahasiswa S2 dan S3 Manajemen Pendidikan FKIP Unmul dan 100 peserta yang mengikuti secara online melalui aplikasi zoom.


Kegiatan kuliah umum dibuka secara resmi oleh  Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman, Prof. Dr. H. Susilo, M.Pd yang disertai dengan sambutan. Dalam sambutan Dekan FKIP mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para peserta terutama kepada narasumber karena bersedia meluangkan waktu demi kegiatan tersebut. Beliau juga berpesan kepada semua peserta untuk tidak menyia-yiakan kesempatan yang berharga ini untuk mendapatkan ilmu dari narsum yang sangat kompeten dalam bidang Metodologi Penelitian, agar mahasiswa dapat menambah wawasan dan memiliki  panduan praktis terkait langkah-langkah yang harus diambil dalam menyelesaikan karya akademiknya dengan efektif.


Senada dengan Hasbi Sjamsir, selaku koordinator Prodi S3 Manajemen Pendidikan menguraikan bahwa kegiatan ini akan memberikan pemahaman yang jelas tentang struktur dan format yang tepat untuk sebuah karya akademik. Hal ini sangat penting karena mahasiswa seringkali bingung mengenai bagaimana cara menyusun dan menyajikan hasil penelitian mereka secara sistematis.


Hasbi Sjamsir menambahkan bahwa dalam kuliah umum tersebut juga memberikan tips dan trik untuk mengelola waktu dengan efisien saat menulis tugas akhir. Dengan pemahaman yang baik tentang manajemen waktu, mahasiswa dapat menghindari prokrastinasi dan menyelesaikan tugas akhir mereka tepat waktu. Selain itu kuliah umum ini memberikan motivasi dan dorongan kepada mahasiswa untuk menyelesaikan tugas akhir mereka dengan baik. Dengan memotivasi mahasiswa dan memberikan mereka alat yang tepat, diharapkan mereka dapat menghadapi tantangan dalam menulis tugas akhir dengan lebih percaya diri dan berhasil, katanya.


Disisi lain menurut Andi Aslindah, salah satu peserta dari mahasiswa S3 MP dengan sangat antusias mengapresiasi kegiatan kuliah umum ini karena materinya sangat bagus yang menurutnya akan sangat membantu mahasiswa dalam menyusun tugas akhirnya. Mahasiswa diberikan pemaparan konsep metodologi penelitian yang sangat jelas dan menarik. 

Membahas tentang strategi penelitian yang efektif, mulai dari pemilihan topik yang sesuai hingga pengumpulan dan analisis data. Sehingga dengan mahasiswa memahami metode penelitian yang tepat maka kualitas karya akademiknya juga dapat lebih meningkat. Senada yang disampaikan oleh Aldila Prillia, salah satu mahasiswa dari S2 MP mengatakan bahwa narasumber dalam menyampaikan materi sederhana dan sangat mudah dipahami sehingga memberikan kepercayaan diri dan motivasi kepada mahasiswa untuk menyelesaikan tugas akhir mereka dengan baik.


Secara keseluruhan, kuliah umum tentang cara mudah menulis tugas akhir mahasiswa merupakan suatu inisiatif yang sangat positif dan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas penulisan tugas akhir mahasiswa. Semoga dengan adanya kuliah umum semacam ini, lebih banyak mahasiswa yang dapat menyelesaikan tugas akhir mereka dengan sukses dan lebih sedikit yang mengalami kesulitan dalam prosesnya. Sehingga berdampak pada peringkat akreditasi program studi yang baik sekali bahkan unggul, pungkas Hasbi Sjamsir.(*)

Comment