Lima Calon Kandidat Linggau I Ambil Formulir Pendaftaran Ke KPUD

by -205 views
LUBUKLINGGAU,kabarkite : LIMA bakal calon (balon) kandidat pemilukada Kota Lubuklinggau mengambil formulir pendaftaran di Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Lubuklinggau di Jalan Depati Said Kelurahan Ulak Lebar Kecamatan Lubuklinggau Barat II, Kota setempat kemarin.Kelima balon yang mengambil formulir pendaftaran dimulai dari, kandidat Sambas yang sekaligus ketua Ketua DPC PAN Kota Lubuklinggau, lalu pasangan perseorangan (independent) Joko Imam Santoso dan Suparman dikenal Jokoman. Kemudian pasangan pasangan Akisropi Ayub dan Akmaludin Moestofa Mandi Aur dikenal BerAMAL  yang hadir bersama tiga pengurus parpol parlemen.
Lalu, pasangan Darmadi Djufri dan Elven Asmar yang diwakilkan dengan Sekretaris Tim Pemenangan Deje Elven, Joko Susanto sekaligus ketua DPC PDI Perjuangan Kota Lubuklinggau, dan pasangan Rustam Effendi dan Irwan Effendi, namun menjadi polemik karena tanpa memiliki surat kuasa dari calon kandidat, tetapi atas nama kepartaian, sehingga formulir tetap diberikan KPUD.
Ketua DPC PAN Kota Lubuklinggau, Sambas mengatakan dirinya mengambil formulir yang didukung lima kursi dari partai politik (parpol) yang ada di parlemen dan beberapa parpol non parlemen. “Secepatnya saya kembalikan formulir bersama pasangan balon wakil wali kota (cawawako),”ujar Sambas, usai mengambil formulir pendaftaran di Kantor KPUD Kota Lubuklinggau, kemarin.
Mengenai Kedatangannya sendiri tanpa didampingi calon wakil,ia menyatakan saat ini saat ini memang belum mengajak wakil namun pada saat ia mengembalikan formulir. Dia memastikan akan mengembalikan formulir tersebut besama calon wakil yangakan mendapaingi dirinya dalam pemilukada kota itu.
Sementara itu, pasangan Beramal, Akisropi Ayub dan Akmaludin Moestofa Mandi Aur didampingi Ketua Tim Advokasi dan hukum  pasangan BerAMAL, Gabriel A Fuady mengatakan, pendaftaran dilakukan pasangan Beramal sesuai dengan aturan dan ketentuan pleno KPUD yang mulai membuka pendaftaran dari tanggal 12 Juli hingga 18 Juli 2012.”Kita akan kembalikan berkas pada Senin (18/7) mendatang karena yang terakhir pasti menang,”kata Akisropi.
Menurutnya, dirinya optimistis dan yakin memenangkan pilkada Kota Lubuklinggau satu putaran. Mengenai dukungan parpol dan koalisi parpol yang ada, Mantan Sekda Kota Lubuklinggau ini menjelaskan, untuk sekarang dirinya masih diusung tiga parpol yakni, PKB, PDP dan PIS. Namun, dirinya tetap membuka diri dan komunikasi politik dengan parpol lainnya baik itu parpol parlemen maupun non parlemen.
Terpisah, Ketua KPUD Kota Lubuklinggau,  Umar Zipin Marbe melalui Ketua Divisi Hukum, Efriadi Sehendri mengatakan, KPUD membuka pendaftaran pengambilan formulir kandidat mulai tanggal 12 hingga 18 Juli 2012 hingga pukul 24.00 Wib.

“Kita lakukan verifikasi berkas balon kandidat yang mengambil formulir baik itu dari parpol maupun jalur perseorangan. Jika ada kekurangan maka KPUD mengirimkan surat resmi kepada para balon kandidat untuk kembali melengkapi berkas pencalonannya,”pungkasnya.(rutan)