Pemkab Musi Rawas Dapat Rekor MURI

by -10 views

* Kategori Tahdfiz Alquran Juz 30

Kabarkite.com, Musirawas (20/6)- Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Musi Rawas, atas pembinaan yang dilakukan kepada 3.162 anak-anak didaerah itu, dalam pelaksanaan Tahdfiz Alquran Juz 30.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Manager MURI, Triyono kepada Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan, Kamis (20/6/2019) di Masjid Agung Darussalam.

Kepada sejumlah awak media, Triyono mengapresiasi usaha dan kerja keras yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas dalam membina dan mengajak anak-anak agar dapat menjadi generasi Tahfidz.

“MURI sangat mengapresiasi atas kegiatan hari ini terutama kegiatan hari ini merupakan salah satu dari Slogan Kabupaten Musi Rawas SEMPURNA yang salah satunya adalah Religiusnya dan penghargaan ini langsung MURI berikan kepada Pemkab Musi Rawas yang diterima langsung pak bupati,” ucapnya.

Dengan adanya generasi tahfidz ini, akan tercipta generasi alquran yang dapat berkarya untuk Indonesia bahkan dunia. Pemecahan rekor MURI ini, tambahnya merupakan yang pertama sekali diberikan, dan Kabupaten Musi Rawas yang perdana dalam pemecahan rekor Muri Tanfidz Alquran Juz 30.

“Kabupaten Musi Rawas menjadi pelopor, vioner dalam tahfizd alquran jus 30,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Musi Rawas H. Hendra Gunawan mengungkapkan, kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan salah satu tujuan dari visi misi Musi Rawas SEMPURNA, dimana pada hurup ‘R nya tersebut adalah religius. Tentunya kegiatan ini sebagian dari penjabaran visi misi Musi Rawas yang Religius.

Dijelaskannya, ada tiga cita-cita dari visi misi Musi Rawas Religius yang dari awal kepemimpinannya di Kabupaten Musi Rawas telah dilaksanakan, pertama, mengajak masyarakat untuk memakmurkan masjid dari mulai tingkat desa, kelurahan dan kecamatan.

“Alhamdulilah, masyarakat telah berbondong-bondong untuk memakmurkan masjid,” katanya.

Kemudian yang kedua, tambahnya, mengajak masyarakat Musi Rawas untuk mencintai Alquran. Kegiatan ini telah dilaksanakan di seluruh wilayah yang ada di Kabupaten Musi Rawas dimana, disetiap desa telah ada taman bacaan Quran dan rumah-rumah Tahfidz. Dan kemudian yang ketiga lanjut bupati, yakni, Musi Rawas Bersadaqoh.

“Ini semua berkat bimbingan para pemuka agama, ustadz, ustadza dan guru ngaji di semua jenjang pendidikan. Puncaknya, hari ini kita berkumpul bersama lebih dari tiga ribu anak-anak Musi Rawas dengan semangat dan kecintaan yang ditunjukkannya kepada Alquran,” ungkap bupati.

Sementara Kepala Bagian Kesejahteraan (Kabag Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Musi Rawas, Yusran mengatakan, tujuan dari kegiatan ini yakni, terciptanya iman dan takwa serta terciptanya generasi muda cinta alquran.

Untuk peserta tahfidz alquran jus 30 di kegiatan ini, urainya sebanyak 3.162 orang yang terdiri dari peserta dan pendamping dari 14 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Musi Rawas.

Adapun jumlah peserta dari masing-masing kecamatan yakni, Kecamatan Muara Beliti sebanyak 204 peserta, Kecamatan Muara Lakitan sebanyak 357 peserta, Kecamatan Muara Lakitan 357 peserta, Kecamatan TPK 102 peserta, Kecamatan Suka Karya 153 peserta dan Kecamatan Tuah Negeri 153 peserta.

Selanjutnya, Kecamatan Selangit sebanyak 102 peserta, Kecamatan Megang Sakti 255 peserta, Kecamatan BTS Ulu Cecar 204 peserta, Kecamatan Purwodadi 153 peserta, Kecamatan Sumber Harta 204 peserta, Kecamatan Tugumulyo 408 peserta dan Kecamatan STL Ulu Terawas 204 serta Kecamatan Jayaloka sebanyak 153 peserta.

“Kedepan kita akan lakukan inovasi-inovasi baru lagu guna mewujudkan Musi Rawas yang religius,” ujar Yusran. (RUTAN)