Desember Kpud Tempati Gedung Baru

Uncategorized480 Views

LUBUKLINGGAU,Kabarkite.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Republik Indonesia
melakukan kunjungan kerja (Kunker) di pembangunan kantor baru Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Lubuklinggau di Kelurahan Kayu Ara Kecamatan Lubuklinggau Barat I, yang bakal di sudah bisa di tempat oleh KPUD pada bulan Desember mendatang.

Hal itu terungkap saat anggota DPD RI, Percha Leanpuri dan Aidil Fitri Syah meninjau langsung pengerjaan kantor KPUD Kota Lubuklinggau yang menelan dana anggaran pendapatan belanja nasional (APBN) sebesar Rp1,7 miliar.

Puteri Bupati Ogan Komering Ulu Timur (OKUT) ini mengatakan, beban tugas yang diemban KPUD tidaklah mudah, apalagi untuk KPUD Kota Lubuklinggau tugas yang dikerjakan secara berkesinambungan usai mengelar pilkada Walikota dan Wakil Walikota Lubuklingga, dilanjutkan, pilkada Gubernur, pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres). Keberadaan kantor yang permanen secara langsung memberikan esensi yang baik untuk para komisioner menjalankan tugasnya. “Jika dilihat keberadaan kantor yang lama kurang bisa mengakomodir dan tidak cukup signifikan untuk penyelenggara pilkada,”ujar Percha usai melakukan kunker di Kantor KPUD Kota Lubuklinggau.

Mengenai adanya permintaan peralatan pendukung (mobiler) dalam kantor KPUD yang tidak dianggarkan. Percha mengatakan, sebelumnya hal itu sudah disampaikan dalam rapat kerja dengan KPUD Provinsi Sumsel, dan usulan yang ada diajukan ke KPU Pusat. Namun sesuai aturan yang ada memang tidak ada anggaran terkait peralatan mobiller kantor.

“Ya untuk sementara mobiller dari kantor lama digunakan di kantor baru. Namun kekurangan lainnya bisa dicari solusi terbaik lainnya melalui dana APBD Pemkot Lubuklinggau,”jelas dia.

Percha menambahkan, diharapkan kedepan setelah ada kantor yang permanen milik KPUD Kota Lubuklinggau mampu bersinergi dengan Badan Statistik dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dalam menciptakan data kependudukan yang faktual. Sehingga tidak ada kesulitan lagi dan permasalahan dalam proses data kependudukan.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Lubuklinggau, Umar Zipin Marbe mengatakan, kondisi kantor yang lama masih layak digunakan namun kondisi sekarang tidak memungkinkan untuk agenda pemilihan yang padat sekarang.

“Desember mendatang kantor baru sudah selesai. Namun, diharapkan bantuan mobiller mendukung kerja komisioner hendaknya diperhatikan,”pungkasnya.

Pantauan dilapangan usai melakukan dialog di Kantor KPUD Kota Lubuklinggau dilanjutkan dengan peninjauan kantor KPUD yang baru. Kemudian meninjau proses pemberian e-KTP kepada masyarakat di Kantor
Kecamatan Lubuklinggau Barat 1 (RuTan)

Comment