Aswari Duta Asean Games 2018

Nasional1432 Views

Kabarkite.com, Yogyakarta (15/2) Event olahraga terbesar bangsa-bangsa di kawasan Asia terus disosialisasikan. Sumsel yang dipercaya menjadi tuan rumah bersama DKI Jakarta menyosialisasikan gaung Asian Games XVII 2018.

Sebanyak 4 unit mobil dan 2 unit motor didaulat menjadi duta Asian Games dalam event Indonesia Offroad Jogja-Bali (Joli). Kegiatan ini diikuti 150 offroader seluruh Indonesia dan luar negeri. Dua Asian Games perwakilan Sumsel, yakni Bupati Lahat, H Aswari Riva’i SE, mantan gubernur Sumsel, H Syahrial Oesman, anggota DPRD Pagaralam, Alfian dan Wawan Dalbo. Sedangkan kelas motor, diwakili Wak Aji dan Adi Satria.

Sosialisasi ditandai pemasangan stiker Road to Asian Games oleh Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, diwakili Bupati Lahat, Saifudin Aswari, bersama mantan gubernur Sumsel, Syahrial Oesman. Keduanya didampingi Kepala BNN, Komjen Pol Budi Waseso, dan mantan kapolri, Jenderal Pol (purn) Roesmanhadi.

Aswari Riva’i SE mengatakan, sesuai arahan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, sosialisasi dilakukan oleh offroader ini untuk menjelajah Jogja-Bali selama 14 hari. ‘’Sambutan offroader sangat positif, mereka mendukung penuh langkah Sumsel sebagai tuan rumah Asian Games 2018 bersama Jakarta,’’ katanya.

Tak hanya itu, Dewan Penasihat IOX, Jenderal Pol (purn) Roesmanhadi, menginginkan ada event ekspedisi khusus jelajah Sumbagsel sebelum pelaksanaan Asian Games. ‘’Memang rencananya Februari 2018 akan ada event menjelajah Sumbagsel, bahkan kita undang seluruh offroader se-Asia untuk menyukseskan Asian Games,” jelas Aswari.

Jelajah Sumbagsel, lanjutnya, juga sudah disampaikan ke Gubernur Sumsel, Alex Noerdin. Orang nomor satu di Bumi Sriwijaya tersebut langsung mendukung event itu. “Selain memperkenalkan Asian Games, event ini diharapkan bisa meningkatkan pariwisata di Sumsel,” ujarnya.

Sebelumnya, Dewan Penasihat IOX, Jenderal Pol (purn) Roesmanhadi, mengaku kagum dengan event offroad Lamo (Lahat-Monas) 2014 lalu. Di sana dia memiliki kenangan, di mana mobil kesayangannya gepeng terjepit pohon. ‘’Medan yang sangat berat saat itu adalah jalur Lahat-Monas. Pokoknya luar bisa,” ujarnya.

Dalam event adventure offroad IOX kelima kali ini, diikuti 500 peserta, 150 mobil, dan 68 motor dari beberapa daerah, tak ketinggalan peserta dari Malaysia, Thailand, dan Belanda. Start dilakukan Minggu (14/2) di depan Keraton Kesultanan Yogyakarta. Direncanakan para offroader akan sampai di Garuda Wisnu Kencana Bali, pada 28 Februari mendatang. (net)

Comment