Panji Al-Quran Bakal Berkibar Di Muratara

by

Kabarkite.com, Muratara (6/12) –
Insyaallah anak-anak santri dari Muratara tak lama lagi bakal memberikan warna tersendiri di bidang agama untuk sebuah kabupaten baru yang berslogan berselang serundingan, ungkap Bupati HM. Syarif Hidayat dalam kunjungan kerjanya di Pondok Pesantren Al Amien Prenduan Kabupaten Sumenep Jawa Timur.

Dalam kurun waktu satu tahun semenjak anak-anak dititipkan di beberapa pesantren di pulau Jawa dan Sumatera, dalam pantauan di lapangan telah menunjukkan hasil yang benar-benar signifikan dari segi akhlak maupun wawasan dan keilmuan. Mereka sudah bisa berbicara Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, bahkan hafalan Alquran mereka ada yang sudah 8 juz. Bupati sangat mengharapkan anak-anak santri yang dititipkan ke beberapa pesantren ini akan menjadi pilar pilar utama di setiap desa dalam kabupaten Muratara.

Menurut pengakuan dari beberapa orang santri putra maupun putri mereka mengatakan bahwa sudah betah di pesantren.

“Kami sangat berterima kasih kepada bapak bupati Muratara yang telah memberikan fasilitas kepada kami, membiayai kami selama di pesantren. Terus terang, kami mulai dari kakek, bapak hingga kami belum pernah kami diberlakukan oleh bupati seperti yang terjadi di zaman kami. Sekolah dibiayai bupati, mondok dibiayai bupati. Pokoknya belum pernah”, terdengar serak menahan tangis haru dari seorang santriwati asal Nibung.

Dalam season tanya Jawab ini, kesan yang dapat diambil output dari program ini telah membuahkan hasil yang luar biasa. Walaupun dari sisi lain terdapat sekitar 5% dari santri yang mengikuti program ini mengundurkan diri oleh sebab tidak tahan berpisah dengan orang tua dan keluarga. Bukan karena sebab-sebab lain.

Sementara itu, Pimpinan Pondok Pesantren Al Amien KH. DR. Ahmad Fauzi Ridjani, MA dalam sambutannya mengatakan

“saya anggap Bapak Bupati benar-benar seorang visioner yang sangat beda dengan kepala daerah lain dalam segi ide dan program serta trobosan. Seperti contoh dalam beasiswa santri ini”

Suasana acara dialog interaktif semakin mencair dengan adanya guyonan sang pimpinan.

Selanjutnya dalam sambutan penutup, bupati memberikan informasi untuk para santri bahwa Kabupaten Muratara pada April 2019 akan menjadi tuan rumah MTQ tingkat provinsi Sumatera Selatan. Untuk itu bagi anak-anak didik Muratara yang berada di pesantren Madura, Jawa ataupun Sumatera bagi yang dianggap mampu oleh kakak-kakak pembinanya diperbolehkan untuk ikut berkompetisi dalam ajang tersebut yang disambut teriakan semangat dari para santri dengan menggema takbir ‘Allahu Akbar’.(Rilis)

Ferry Irawan AM
Pengamat budaya dan sosial masyarakat.